empat

Monday 27 September 2010

Olahraga apa yang paling ringan ?
Olahraga apa yang paling berat ?
Angkat besi merupakan olahraga yang paling ringan karena cuma mengangkat besi dan berlangsung kurang lebih 3 detik.
Catur merupakan olahraga yang paling berat, karena kita mengangkat kuda, gajah, benteng, dan yang lain, selain itu catur berpredikat waktu paling lama dalam dunia olahraga dengan pernah menggunakan waktu selama dua hari dan juga pernah ada lebih dari satu bulan.

Kenapa catur masuk dalam kategori olahraga? Kenapa bukan olahrasio atau olahakal atau olahpikir atau olahotak atau olahjiwa? Tentunya kita juga menggunakan otot dalam bermain catur.

Meskipun kita mengetahui daerah-daerah Yunani, Cina, Arab, India, Persia, Irlandia, Babylonia, Mesopotamia, dan Yahudi sebagai asal mula catur berasal, tetapi sebagian besar sejarawan catur sepakat bahwa catur berasal dari India sekitar abad ke-16 sebelum masehi. Diperkenalkan oleh seorang ahli agama bernama Sisza yang ingin mengabadikan empat divisi kerajaan dalam angkatan perang. Pada masa itu angkatan perang India dibagi dalam pasukan kereta, pasukan gajah, pasukan berkuda, dan pasukan berjalan kaki. Dalam kondisi perang keempat divisi ini membagi tugasnya pada............ sekiranya saya tidak memiliki kompetensi untuk membahas sejarah catur.

Chaturangga, nama catur di India pada masa sebelum masehi. Olahpikir ini kemudian berkembang di Iran dan dikenal dengan nama chatrang. Shah yang berarti raja dalam negara ini, menjadi nama baru dalam perkembangan olahrasio di negara-negara eropa setelahnya. Scach dalam bahasa Jerman, shak (Rusia), seacchi (Italia), syaak (Norwegia), chess (Inggris), schec (Perancis), dan .............. Sekiranya saya juga belum berkompeten dalam membahas linguistik catur.

Catur pernah menjadi hadiah untuk seorang raja. Karena sang raja merasa senang dan bahagia dengan permainan baru ini, maka raja memberikan permintaan dari sang pembawa. Dan raja juga kaget ketika sang pembawa hanya meminta biji gandum, satu biji gandum untuk satu petak pada papan catur, dan kelipatan dua untuk petak selanjutnya, sampai ke 64 petak terpenuhi dengan kelipatan-kelipatan petak sebelumnya. 1+2+4+8+16+32+64+128+.........+n Dan dari perhitungan itu diperoleh lebih dari 18 Eksa biji gandum. Perhitungan itu diperoleh dari rumus 2 pangkat 2016. Dimana 2016 diperoleh dari Sn=n/2(a+n).........sekiranya saya juga belum memiliki kapabilitas dalam membahas matematika catur.

Pada awal tahun 1700-an, catur menempati studi yang unik dalam permainannya. Para pemuka-pemuka catur dunia menempatkan langkah awal dalam catur. Langkah awal ini atau kemudian disebut dengan pembukaan, memiliki karakteristik dan variasi tiap abadnya. Variasi ini dilakukan karena pembukaan menjamin gerakan yang baik pada awal permainan. Pembukaan juga menentukan kecenderungan permainan dalam satu babak pertandingan catur. Pembukaan dengan Gambit Denmark selalu mengorbankan bidak untuk memimpin pertandingan. Berbeda dengan pembukaan Ruy Lopez yang cenderung memiliki titik aman dan persiapan serangan yang cukup signifikan. Sesuai dengan namanya, pembukaan pertahanan sicilia bisa cukup diandalkan pada pemain dengan model bertahan. Pembukaan dengan pembelaan Nimzo Hindia memiliki karakter yang kuat pada sistem kontrol bertahan dan menyerang. Gambit Menteri mempunyai..................sekiranya saya juga belum sanggup dalam membahas pembukaan catur.

Pembukaan merupakan langkah awal untuk menempatkan buah catur ke dalam strategi untuk mengunci (dalam catur tidak ada istilah mengalahkan) lawan. Penukaran merupakan sisi logis dan paling mudah dalam upaya mengunci lawan. Kelebihan material merupakan satu dari alat dasar untuk memenangkan permainan. Siasat akan lebih berguna apabila diimbangi dengan ancaman dua objek secara bersamaan. Pin, Skewer, dan Garpu mendominasi gaya ancaman terhadap lawan. Pembelaan dalam permainan catur memiliki arti pertahanan dan penyerangan. Pada strategi pembelaan biasanya..................sekiranya saya juga belum memenuhi dalam membahas strategi catur.

Permutasi dan kombinasi mendominasi struktur permainan catur, sehingga dalam tataran ini catur dapat dimasukkan ke dalam artificial intelligence. Dalam perhitungan kalkulus pola permainan kemudian mewujud ke dalam engine catur. Kita mengenal The King, Shredder, Rybka, Crafty, Stockfish, Naum, Thinker, dan lebih dari 500 deret mesin catur lainnya, dan meskipun diantaranya terdapat uci dan winboard, tetapi gaya permainan mesin catur ini sangat variatif dan cukup mengejutkan. Dengan rating elo yang diperoleh mesin ini, pikiran manusia dan pikiran buatan..................sekiranya saya juga belum mampu dalam membahas mesin catur.

Banyak yang menjadi raja catur, tetapi tidak ada yang merajai catur. Catur bukan sekadar permainan, catur bukan sekedar olahraga atau olah pikir atau olah rasio, catur bukan sekedar membaca langkah masa depan, dan catur tidak selintas miniatur strategi dalam hidup. Catur bukan berarti mengalahkan lawan, melainkan mengunci lawan. Apabila kita sedang dalam masalah dalam menjalani liku kehidupan, struktur akal kita..................sekiranya saya juga belum mampu dalam membahas filosofi catur.


salam
apabila kau berhasil karena sesuatu, maka kau akan gagal karena sesuatu tersebut

0 comments:

Post a Comment