Apa yang membuat kita sama?

Monday 22 October 2012

Saya jadi teringat ketika masih di bangku sekolah, pada pelajaran fisika, guru bertanya; “Apakah mobil yang sedang melaju itu bergerak?”, “bergerak”, dengan spontan kami menjawab. “Apakah papan tulis di depan kalian ini bergerak?”, “tidak”, serentak kami menjawab.  “Dia tidak bergerak terhadap tembok, tetapi terhadap matahari, ia bergerak,” ujar guru fisika kami.
Bergerak, berpindah, dan berbeda, tentu memiliki acuan yang pasti.  Sudut pandang menjadikan mereka memiliki nilai yang lain, tergantung apa yang menjadi acuannya.  Papan tulis tentu tidak bergerak dalam ruang ketika meja yang menjadi acuannya, tetapi tentu saja papan tulis bergerak dalam ruang ketika matahari atau kereta yang sedang melaju, apabila kita menjadikan ini sebagai titik acuan.  Kita mencoba berbeda? Atau kita berbuat berbeda?  Maka pertanyaan yang muncul adalah, apa acuannya?
Tiada hal baru dibawah matahari.  Dari peradaban sumeria sampai dengan peradaban informasi sekarang, sejarah terulang dalam manifestasi yang sama.  Ide, tindakan, maupun artefak yang kita tinggalkan memiliki nilai yang sama pada masanya.  Etika tentu memiliki materi yang berbeda antara sekarang dengan 600 tahun yang lalu.  Tetapi etika memiliki bentuk yang sama sejak awal sejarah manusia tercatat hingga tulisan ini dibuat.  Kita tidak bisa menegasikan entitas selain diri kita, apakah kita berfikir positif, tentu itu menjadi negatif bagi seseorang lain.  Mengapa kita harus berbeda?
Sejarah mencatat, apabila perbedaan kita tonjolkan; perang intern agama, permusuhan yang tak berkesudahan, prasangka buruk pada yang lain, musuh dimana-mana, ketentraman dan ketenangan yang terusik, dan berderet konflik yang lain.  Apabila kesamaan kita agungkan; kesejahteraan yang terejawantah, kebahagiaan yang berlangsung, persamaan yang sederajat, ketenangan dalam berperilaku, dan terikut persatuan dalam sesama. 


salam
Seringkali, untuk melihat siapa diri kita bukanlah apa yang akan kita lakukan, melainkan apa yang telah kita lakukan.

0 comments:

Post a Comment